Kontribusi Motivasi Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar
Abstract
Hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang yang rendah menjadi masalah utama yang melatarbelakangi penelitian ini, dimana lebih dari 50% siswa mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan kontribusi motivasi belajar dan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata pelajaran TIK di MAN 2 Padang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah 1) terdapat kontribusi motivasi belajar yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar, 2) terdapat kontribusi penggunaan media pembelajaran yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar, 3) terdapat kontribusi motivasi belajar dan penggunaan media pembelajaran yang positif dan signifikan secara bersama – sama terhadap hasil belajar.
Penelitian ini melibatkan 79 responden siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Proporsional random sampling). Data hasil belajar diperoleh dari guru mata pelajaran TIK. Sedangkan data motivasi belajar dan penggunaan media pembelajaran dikumpulkan melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisis menggunakan metode statistik untuk dianalisis korelasi dan regresinya. Hasil analisis data menunjukkan : 1) Motivasi Belajar memberikan kontribusi sebesar 40,55% terhadap hasil belajar siswa, 2) Penggunaan Media Pembelajaran memberikan kontribusi sebesar 21,47% terhadap hasil belajar siswa, 3) Motivasi Belajar dan Penggunaan Media pembelajaran secara bersama – sama memberikan kontribusi sebesar 47,66% terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran TIK di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang.