Perancangan Virtual Laboratorium Perakitan Perangkat Komputer Berbasis Android dengan Metode Pengembangan ADDIE

  • Sandria Sandria Universitas Negeri Padang
  • Khairi Budayawan Universitas Negeri Padang

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi di dunia pendidikan telah membawa dampak positif terhadap kualitas pendidikan. Walaupun perkembangan teknologi informasi berpotensi meningkatkan kualitas pendidikan, sayangnya tidak semua sekolah mampu memanfaatkannya sesuai dengan perkembangan zaman. Salah satu masalah yang ditemui di SMKN 2 Kisaran dalam hal pemanfaatan teknologi di pendidikan adalah keterbatasan-keterbatasan yang terkait dengan ruang, waktu, fasilitas, media pembelajaran, dan penggunaan teknologi itu sendiri. Sehingga dibuatnya media pembelajaran aplikasi Virtual Laboratorium untuk kelas X TKJ SMKN 2 Kisaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate (ADDIE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan virtual laboratorium untuk materi perakitan perangkat komputer dapat dimanfaatkan oleh siswa dimanapun dan kapanpun melalui smartphone Android, memungkinkan pembelajaran yang lebih fleksibel dan praktis serta dapat mendukung praktikum konvensional. Aplikasi virtual laboratorium ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa, melatih kemandirian siswa, mengatasi keterbatasan dalam hal ruang, waktu, dan peralatan praktikum, serta memberikan referensi media pembelajaran inovatif dan kreatif bagi guru mata pelajaran terkait. Dengan demikian, penggunaan teknologi dalam era digital dapat lebih sesuai dengan perkembangan zaman saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 31, 2023
How to Cite
SANDRIA, Sandria; BUDAYAWAN, Khairi. Perancangan Virtual Laboratorium Perakitan Perangkat Komputer Berbasis Android dengan Metode Pengembangan ADDIE. Jurnal Teknik Komputer dan Informatika, [S.l.], v. 3, n. 2|August, p. 8-20, dec. 2023. ISSN 2808-1986. Available at: <http://jteki.ppj.unp.ac.id/index.php/jteki/article/view/56>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.24036/jteki.v3i3.56.