Rancang Bangun Sistem Pakar Identifikasi Gaya Belajar Berbasis WEB ( STUDI KASUS SMK Negeri 5 Padang)
Abstract
ABSTRAK
Sistem pakar untuk identifikasi gaya belajar ini dirancang untuk menentukan gaya belajar dominan yang dimiliki oleh siswa. Dengan adanya sistem ini, guru dapat memperoleh informasi mengenai gaya belajar siswa dan rekomendasi media pembelajaran yang sesuai, sehingga dapat mempersiapkan pembelajaran dan media pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar tersebut. Perancangan sistem ini memanfaatkan metode forward chaining untuk menganalisis dan menarik kesimpulan tentang gaya belajar siswa. Sistem ini berupa aplikasi berbasis web yang menyajikan hasil identifikasi gaya belajar setelah siswa menjawab serangkaian pertanyaan mengenai gejala yang mereka alami. Sistem ini melibatkan empat jenis pengguna: Siswa, Guru, Administrator, dan Pakar.
Kata Kunci : Sistem Pakar, Gaya Belajar, Forward Chaining