Rancang Bangun Sistem Pakar Identifikasi Gaya Belajar Berbasis WEB ( STUDI KASUS SMK Negeri 5 Padang)
DOI:
https://doi.org/10.24036/jteki.v4i3|Desember.217Keywords:
Sistem Pakar, Gaya Belajar, Forward ChainingAbstract
ABSTRAK
Sistem pakar untuk identifikasi gaya belajar ini dirancang untuk menentukan gaya belajar dominan yang dimiliki oleh siswa. Dengan adanya sistem ini, guru dapat memperoleh informasi mengenai gaya belajar siswa dan rekomendasi media pembelajaran yang sesuai, sehingga dapat mempersiapkan pembelajaran dan media pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar tersebut. Perancangan sistem ini memanfaatkan metode forward chaining untuk menganalisis dan menarik kesimpulan tentang gaya belajar siswa. Sistem ini berupa aplikasi berbasis web yang menyajikan hasil identifikasi gaya belajar setelah siswa menjawab serangkaian pertanyaan mengenai gejala yang mereka alami. Sistem ini melibatkan empat jenis pengguna: Siswa, Guru, Administrator, dan Pakar.
Kata Kunci : Sistem Pakar, Gaya Belajar, Forward Chaining
Downloads
References
[1] K. Kadrahman, S. Sumijan, and Y. Yuhandri, “Sistem Pakar Diagnosa Sikap dan Gaya Belajar untuk Menerapkan Akhlakul Karimah pada Siswa,†J. Sistim Inf. dan Teknol., vol. 2, pp. 35–40, 2019, doi: 10.37034/jsisfotek.v2i2.19.
[2] P. A. W. Purnama, T. A. Putra, R. Afira, and O. E. Putra, “Sistem Pakar untuk Mengetahui Gaya Belajar Anak Menggunakan Metode Forward Chaining 1Pradani,†Ris. dan E-Jurnal Manaj. Inform. Komput., vol. 6, no. 2, pp. 124–129, 2022, [Online]. Available: http://doi.org/10.33395/remik.v6i2.11359
[3] J. Karnando and L. Slamet, “Sistem Pakar Menentukan Gaya Belajar Siswa Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Web,†Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 8, no. 2, p. 9, 2020, doi: 10.24036/voteteknika.v8i2.109035.
[4] P. Y. Saputra, Y. Pramitarini, and A. R. Hafidhtuzzaman, “Sistem Pakar Identifikasi Gaya Belajar Siswa (Studi Kasus : Sekolah Dasar Negeri Sumbersari 3 Kota Malang),†Semin. Inform. Apl. Polinema, pp. 237–241, 2019.
[5] P. Sari, “Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale Dan Keragaman Dalam Memilih Media,†J. Manaj. Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 42–57, 2019.
[6] K. Kusrini, “Sistem Pakar teori dan aplikasi,†Penerbit Andi Yogyakarta, 2006.
[7] L. Kelen, “Implementasi Model-View-Controller (Mvc) Pada Ujian Online Melalui Penerapan Framework Codeigniter,†J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 10–16, 2018, doi: 10.37792/jukanti.v1i1.5.
[8] A. dkk Simeru, Tahapan-Tahapan Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Bandung: CV. Media Sains Indonesia, 2022.
[9] M Teguh Prihandoyo, “Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web,†J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 3, no. 1, pp. 126–129, 2018.
[10] L. Tambunan and K. T. Sela, “Perancangan Sistem Informasi Pendataan Pemakaian Bahan Bakar Kendaraan Pada Pt.Dahepa Damai Pratama Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic.Net Dan Database Sql Server,†JSR Jar. Sist. Inf. Robot., vol. 2, no. 2, pp. 130–136, 2018, doi: 10.58486/jsr.v2i2.38.
[11] K. ’Afiifah, Z. F. Azzahra, and A. D. Anggoro, “Analisis Teknik Entity-Relationship Diagram dalam Perancangan Database Sebuah Literature Review,†Intech, vol. 3, no. 2, pp. 18–22, 2022, doi: 10.54895/intech.v3i2.1682.
[12] D. M. L Tobing, E. Pawan, F. E. Neno, and K. Kusrini, “Sistem Pakar Mendeteksi Penyakit Pada Tanaman Padi Menggunakan Metode Forward Chaining,†Sisfotenika, vol. 9, no. 2, p. 126, 2019, doi: 10.30700/jst.v9i2.440.