Study Literature Review Penggunaan Teknologi Kecerdasan Buatan Dalam Personalisasi Pembelajaran Online
DOI:
https://doi.org/10.24036/jteki.v4i3|Desember.228Keywords:
Kecerdasan Buatan (AI); Personalisasi Pembelajaran; Pendidikan Online; Literatur.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam personalisasi pembelajaran online melalui tinjauan literatur yang komprehensif. Dalam era digital yang terus berkembang, pembelajaran online telah menjadi salah satu metode utama dalam pendidikan. Namun, tantangan utama yang dihadapi adalah bagaimana menciptakan pengalaman pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, gaya belajar, dan kecepatan siswa secara individual. Teknologi AI menawarkan solusi potensial untuk mengatasi tantangan ini dengan memberikan personalisasi pembelajaran yang dapat disesuaikan secara dinamis sesuai dengan kebutuhan tiap siswa. Penelitian ini menggunakan metode literature review yang melibatkan analisis dan sintesis artikel-artikel ilmiah yang relevan dari berbagai jurnal dan konferensi internasional. Fokus kajian meliputi identifikasi teknologi AI yang paling umum digunakan dalam personalisasi pembelajaran online, seperti machine learning, natural language processing, dan recommender systems. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan AI dalam personalisasi pembelajaran online memiliki dampak positif yang signifikan terhadap keterlibatan dan hasil belajar siswa. AI memungkinkan pengembangan konten yang lebih relevan, rekomendasi bahan ajar yang tepat waktu, serta umpan balik yang lebih cepat dan terarah. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan seperti privasi data, keterbatasan teknologi, dan kesenjangan dalam akses terhadap teknologi tersebut. Kesimpulannya, meskipun terdapat beberapa tantangan, penggunaan AI dalam personalisasi pembelajaran online menunjukkan potensi besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih inklusif dan adaptif. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut serta pengembangan kebijakan yang mendukung penerapan teknologi AI dalam pendidikan.
Downloads
References
[2] D. R. Rochmawati, I. Arya, and A. Zakariyya, “Manfaat Kecerdasan Buatan Untuk Pendidikan,†J. Teknol. Komput. dan Inform., vol. 2, no. 1, pp. 124–134, 2023, doi: 10.59820/tekomin.v2i1.163.
[3] M. P. Dr. Abd. Mukhid, DESAIN TEKNOLOGI DAN INOVASI PEMBELAJARAN. 2023.
[4] F. Yustiasari Liriwati, “Transformasi Kurikulum; Kecerdasan Buatan untuk Membangun Pendidikan yang Relevan di Masa Depan,†J. IHSAN J. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 2, pp. 62–71, 2023, doi: 10.61104/ihsan.v1i2.61.
[5] A. J. E. Oktavianus, L. Naibaho, and D. A. Rantung, “Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Pembelajaran dan Asesmen di Era Digitalisasi,†vol. 05, no. 2, pp. 473–486, 2023.
[6] D. B. Gleneagles, F. Larasyifa, and R. Fawaiz, “Peran Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) dalam Meningkatkan Efisiensi Proses Belajar dan Pembelajaran,†J. Ilm. Multidisipline, vol. 2, no. 5, pp. 107–116, 2024, [Online]. Available: https://doi.org/10.5281/zenodo.11364580
[7] B. Subagiya, “Eksplorasi Penelitian Pendidikan Agama Islam melalui Kajian Literatur: Pemahaman konseptual dan Aplikasi Praktis,†Ta’dibuna J. Pendidik. Islam, vol. 12, no. 3, pp. 304–318, 2023, doi: 10.32832/tadibuna.v12i3.13829.
[8] V. A. Putri, K. Carissa, A. Sotyawardani, and R. A. Rafael, “Peran Artificial Intelligence dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya,†Pros. Semin. Nas., pp. 615–630, 2023.
[9] D. Ade Bayu Saputra, Peran AI dalam Dunia Pendidikan. 2023.
[10] R. Anggraini, A. Paramansyah, T. H. Fata, and L. Judijanto, “Peran Artificial Intelligences Sebagai Alat Bantu Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Di Era Disruptif,†vol. 4, pp. 5206–5216, 2024.
[11] J. Penelitian and I. Riset, “Privasi Dan Etika Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia Digital,†vol. 1, no. 6, 2023.
[12] F. Z. Amika and T. Sulistyowati, “Pendekatan Berkeadilan dalam Pembangunan Masyarakat : Studi Literatur Komprehensif,†vol. 4, pp. 957–972, 2024.
[13] E. Suhartono, “Systematic Literatur Review ( SLR ): Metode , Manfaat , Dan Tantangan Learning Analytics Dengan Metode Data Mining di Dunia Pendidikan Tinggi,†J. Ilm. INFOKAM, vol. 13, no. 1, pp. 73–86, 2017, [Online]. Available: http://amikjtc.com/jurnal/index.php/jurnal/article/view/123
[14] R. S. Turnip, “PENINGKATAN LITERASI DIGITAL DI KALANGAN PELAJAR: PENGENALAN DAN PRAKTIK PENGGUNAAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN Abstrak,†J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 6, no. 4, pp. 2302–2310, 2023.
[15] D. A. N. D. Sosial, “BUATAN DALAM SISTEM INFORMASI : TINJAUAN LITERATUR TENTANG APLIKASI , ETIKA ,†vol. 6, pp. 1163–1169, 2023.
[16] K. Marlin et al., “Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPTTerhadap Proses Pendidikan Etika dan KompetensiMahasiswa Di Perguruan Tinggi,†Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 6, pp. 5192–5201, 2023.
[17] A. Hafiz, A. Mu, and A. Amirrachman, “Pengembangan Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis Kecerdasan Buatan : Perspektif Pendidikan Agama Islam,†vol. 5, no. 1, pp. 56–63, 2024, doi: 10.37274/mauriduna.v5i1.1070.
[18] J. G. Z. Mambu et al., “Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital,†J. Educ., vol. 6, no. 1, pp. 2689–2698, 2023.
[19] K. Maso et al., “1062,†Crit. Care Med., vol. 43, no. 1, p. 267, 2015, doi: 10.1097/01.ccm.0000474893.34162.5c.
[20] R. T. Apriadi and H. Sihotang, “Transformasi Mendalam Pendidikan Melalui Kecerdasan Buatan: Dampak Positif bagi Siswa dalam Era Digital,†J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, pp. 31742–31748, 2023, [Online]. Available: https://news.republika.co.id/
[21] L. Nur, H. Syafitri, M. Y. Nurhafidz, and M. H. Rahman, “Transformasi Pendidikan : Analisis Komprehensif dari era 1 . 0 ke era 5 . 0 Transformation of Education : A Comprehensive Analysis from the 1 . 0 era to the 5 . 0 era,†vol. 2, no. 1, pp. 37–44, 2024.
[22] M. I. Simamora et al., “Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Technology-Based Learning (TBL) Terhadap Peningkatan Literasi Numerasi Siswa SMAS Al-Washliyah,†FARABI J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 6, no. 2, pp. 208–212, 2023, doi: 10.47662/farabi.v6i2.663.
[23] S. O. Sharon and A. Annisa, “LITERATURE REVIEW : BIPA ( BAHASA INDONESIA PENUTUR ASING ) SEBAGAI UPAYA INTERNASIONALISASI BAHASA,†vol. 7, pp. 8869–8875, 2024.
[24] S. Dasar, “Systematic literature review:,†pp. 835–849.

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khoirul Insan, Asrul Huda, Dedy Irfan, Yeka Hendriyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.