Perancangan Virtual Laboratorium Perakitan Perangkat Komputer Berbasis Android dengan Metode Pengembangan ADDIE
DOI:
https://doi.org/10.24036/jteki.v3i3.56Keywords:
Aplikasi, Android, SMKN 2 Kisaran, Virtual Laboraorium, ADDIEAbstract
Perkembangan teknologi dan informasi di dunia pendidikan telah membawa dampak positif terhadap kualitas pendidikan. Walaupun perkembangan teknologi informasi berpotensi meningkatkan kualitas pendidikan, sayangnya tidak semua sekolah mampu memanfaatkannya sesuai dengan perkembangan zaman. Salah satu masalah yang ditemui di SMKN 2 Kisaran dalam hal pemanfaatan teknologi di pendidikan adalah keterbatasan-keterbatasan yang terkait dengan ruang, waktu, fasilitas, media pembelajaran, dan penggunaan teknologi itu sendiri. Sehingga dibuatnya media pembelajaran aplikasi Virtual Laboratorium untuk kelas X TKJ SMKN 2 Kisaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate (ADDIE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan virtual laboratorium untuk materi perakitan perangkat komputer dapat dimanfaatkan oleh siswa dimanapun dan kapanpun melalui smartphone Android, memungkinkan pembelajaran yang lebih fleksibel dan praktis serta dapat mendukung praktikum konvensional. Aplikasi virtual laboratorium ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa, melatih kemandirian siswa, mengatasi keterbatasan dalam hal ruang, waktu, dan peralatan praktikum, serta memberikan referensi media pembelajaran inovatif dan kreatif bagi guru mata pelajaran terkait. Dengan demikian, penggunaan teknologi dalam era digital dapat lebih sesuai dengan perkembangan zaman saat ini.
Downloads
References
[2] Gunawan, A. Harjono, and H. Sahidu, “Pengembangan Model Laboratorium Virtual Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Bagi Calon Guru Fisika,†J. Mater. dan Pembelajaran Fis., vol. 5, no. 2, pp. 41–46, 2015, [Online]. Available: jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/fisika/article/view/7782%0A
[3] S. Sugiharti and M. K. Sugandi, “Laboratorium Virtual : Media Praktikum Online untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa di Masa Pandemi,†Semin. Nas. Pendidik., pp. 45–51, 2020.
[4] Fabiana Meijon Fadul, “済無No Title No Title No Title,†pp. 10–35, 2019.
[5] A. F. Silvia, E. Haritman, and Y. Muladi, “Rancang Bangun Akses Kontrol Pintu Gerbang Berbasis Arduino Dan Android,†Electrans 2020, vol. 13, no. 1, pp. 1–10, 2020.
[6] R. Nurmalasari, R. Dian, P. Wati, P. Puspitasari, W. Diana, and N. K. Dewi, “55-Riana-Nurmalasari-Reta-Dian-Purnama-Wati-Poppy-Puspitasari,†pp. 722–733, 2013.
[7] A. Riyadi, “Desain Pengembangan Laboratorium Dakwah: Studi Kasus UIN Walisongo Semarang,†J. Komun. Islam, vol. 9, no. 1, pp. 128–153, 2019.
[8] K. Muhajarah and M. Sulthon, “Pengembangan Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran: Peluang dan Tantangan,†Justek J. Sains dan Teknol., vol. 3, no. 2, p. 77, 2020, doi: 10.31764/justek.v3i2.3553.
[9] A. Huda et al., “DESIGN AND BUILD OF BASIC COMPUTER AND NETWORK LEARNING MEDIA BASED ON AUGMENTED REALITY CLASS X SMK CENDANA,†vol. 15, no. 1, pp. 1–13, 2022.
[10] I. G. N. K. R. Raharja, M. S. Gitakarma, and K. U. Ariawan, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perakitan Komputer,†J. Pendidik. Tek. Elektro Undiksha, vol. 6, no. 3, pp. 96–105, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/view/20853/12940
[11] Muhammad Yamin, “Perilaku Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Siswa Dalam Pembelajaran Praktikum Di Smkn 2 Sidenreng,†J. Heal. Sains, vol. 1, no. 3, pp. 207–214, 2020, doi: 10.46799/jsa.v1i3.59.
[12] A. Galih Pradana and S. Nita, “Rancang Bangun Game Edukasi ‘AMUDRA’ Alat Musik Daerah Berbasis Android,†J. Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun. 2019, vol. 2, no. 1, pp. 49–53, 2019.
[13] I. Asri Mulyo et al., “Economic Education Analysis Journal Terakreditasi SINTA 5 Mediasi Motivasi Belajar dalam Hubungan Sosial Media dan Pemberian Reward dengan Aktivitas Belajar,†J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 5, no. 1, pp. 90–101, 2015, [Online]. Available: file:///C:/Users/user/Downloads/1293-1646-2-PB.pdf%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
[14] M. R. Tanjung and T. F. Parsika, “Pengembangan Aplikasi Multimedia Pengenalan Dan Pembelajaran Origami Dengan Pendekatan ADDIE,†Semin. Nas. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 128–133, 2019.