Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi

Authors

  • Dessy Hardeyenti Putri Universitas Negeri Padang
  • Yeka Hendriyani Universitas Negeri Padang
  • Muhammad Adri Universitas Negeri Padang
  • Bayu Ramadhani Fajri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jteki.v4i1|April.58

Keywords:

Augmented Reality, Media Pembelajaran, Efektivitas Pembelajaran

Abstract

Pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJK) bertujuan meningkatkan efektivitas pembelajaran. AR memungkinkan integrasi dunia fisik dan virtual, menciptakan lingkungan pembelajaran interaktif dan menarik. Metodologi pengembangan meliputi tahap konseptualisasi, perancangan, uji validasi, dan evaluasi. Hasil pengujian menunjukkan aplikasi ini layak digunakan, dengan skor rata-rata persentase respon positif siswa sebesar 91,8%. Diharapkan pengembangan media pembelajaran berbasis AR dapat terus ditingkatkan dan divariasikan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Amalia, M. (2022). Inovasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Di Era Society 5.0 Untuk Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) Volume, 1(1–6), 1–6. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA
[2] Ardi, A., Nurrahman, A. R., Aurum, E. V., & Styawan, B. (2022). 3D Animasi Menggunakan Blender 3D Sebagai Media Promosi Pada Usaha Kafe. Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 11(3), 741–752. http://ojs.stmik-banjarbaru.ac.id/index.php/jutisi/article/view/983
[3] Arena, F., Collotta, M., Pau, G., & Termine, F. (2022). An overview of Augmented Reality. Computers, 11(2), 28.
[4] Dikananda, A. R., Nurdiawan, O., & Subandi, H. (2021). Augmented Reality dalam Mendeteksi Produk Rotan menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). MEANS (Media Informasi Analisa dan Sistem), 135-141.
[5] Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA untuk siswa SD kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33-48.
[6] Harahap, A., Sucipto, A., & Jupriyadi, J. (2020). Pemanfaatan Augmented Reality (Ar) Pada Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Elektronika Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi, 1(1), 20–25. https://doi.org/10.33365/jiiti.v1i1.266
[7] Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
[8] Halimovna, K. S., Nurilloevna, M. O., Radzhabovna, K. D., Shavkatovna, R. G., & Hamidovna, R. I. (2021). The Role of Modern Pedagogical Technologies in the Formation of Students' Communicative Competence. Religación, 4, 261-265.
[9] Hammer, M., Scheiter, K., & Stürmer, K. (2021). New technology, new role of parents: How parents' beliefs and behavior affect students’ digital media self-efficacy. [Article]. Computers in Human Behavior, 116.
[10] Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media Pembelajaran.
[11] Miranda, M., & Wahyuningsih, A. S. (2020). Pengembangan Silabus Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup di SMK Farmasi. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 4(2), 291-300.
[12] Mukti, F. D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) di Kelas V MI Wahid Hasyim. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 7(2), 299. https://doi.org/10.21043/elementary.v7i2.6351
[13] Ningtyas, D. A. M., Rokhmawati, R. I., & Wicaksono, S. A. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif menggunakan Model ADDIE pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (Studi pada: Kelas X Jurusan TKJ SMKN 3 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 7(4), 1662-1669.
[14] Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
[15] Nurazizah, A., Rukajat, A., & Ramdhani, K. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Milenial. PeTeKa, 5(3), 361–372. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/view/7657
[16] Purwanti, S., Astuti, R., Jaja, J., & Rakhmayudhi, R. (2022). Application of the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Methodology to Build a Multimedia-Based Learning System. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 2498-2506.
[17] Putra, A. (2020). PENGENALAN BAGIAN KENDARAAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE OBJECT RECOGNITION BERBASIS ANDROID (Doctoral dissertation, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA).
[18] Quandt, M., Knoke, B., Gorldt, C., Freitag, M., & Thoben, K. D. (2018). General requirements for industrial Augmented Reality applications. Procedia Cirp, 72, 1130-1135.
[19] Rahmat, R., & Noviyanti, N. (2020). Augmented Reality untuk Materi Bangun Ruang Menggunakan Unity 3D, Vuforia SDK dan Aplikasi Blender. Jurnal Tika, 5(3), 86-92.
[20] Riskiono, S. D., Susanto, T., & Kristianto, K. (2020). Rancangan Media Pembelajaran Hewan Purbakala Menggunakan Augmented Reality. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 5(2), 199-203.
[21] Roedavan, R., Pudjoatmodjo, B., & Sujana, A. P. (2022). Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Teknol. dan Inf., (Multimedia), 7.
[22] Sayuti, A. E. P., & Hendriyani, Y. (2021). (jurnal vokasi informatika). 1(2).
[23] Setiawan, N. & Sofyan, H., 2022. Implementasi kurikulum merdeka belajar di SMK Pusat. Jurnal Taman Vokasi, Volume 10, pp. 31- 37.
[24] Sirumapea, A., Maesaroh, S., &

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi. (2024). Jurnal Teknik Komputer Dan Informatika, 4(1|April), 1 – 12. https://doi.org/10.24036/jteki.v4i1|April.58

Similar Articles

1-10 of 13

You may also start an advanced similarity search for this article.