Kontribusi Motivasi Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar

Authors

  • Rizkayeni Marta Universitas Negeri Padang
  • Ambiyar Ambiyar Universitas Negeri Padang
  • Fadhilah Fadhilah Universitas Negeri Padang
  • Firdaus Firdaus Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/jteki.v4i1.54

Keywords:

Motivasi Belajar, Media Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang yang rendah menjadi masalah utama yang melatarbelakangi penelitian ini, dimana lebih dari 50% siswa mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan kontribusi motivasi belajar dan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata pelajaran TIK di MAN 2 Padang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah 1) terdapat kontribusi motivasi belajar yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar, 2) terdapat kontribusi penggunaan media pembelajaran yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar, 3) terdapat kontribusi motivasi belajar dan penggunaan media pembelajaran yang positif dan signifikan secara bersama – sama terhadap hasil belajar.

Penelitian ini melibatkan 79 responden siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Proporsional random sampling). Data hasil belajar diperoleh dari guru mata pelajaran TIK. Sedangkan data motivasi belajar dan penggunaan media pembelajaran dikumpulkan melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisis menggunakan metode statistik untuk dianalisis korelasi dan regresinya. Hasil analisis data menunjukkan : 1) Motivasi Belajar  memberikan kontribusi sebesar 40,55% terhadap hasil belajar siswa, 2) Penggunaan Media Pembelajaran memberikan kontribusi sebesar 21,47% terhadap hasil belajar siswa, 3) Motivasi Belajar dan Penggunaan Media pembelajaran secara bersama – sama memberikan kontribusi sebesar 47,66% terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran TIK  di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] H. B. Uno, Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
[2] Benny A. Pribadi, Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2017.
[3] S. Said, “Peran Teknologi Digital Sebagai Media Pembelajaran Di Era Abad 21,” J. PenKoMi Kaji. Pendidik. Dan Ekon., vol. 6, no. 2, Art. no. 2, Jun. 2023, doi: 10.33627/pk.62.1300.
[4] C. A. Cholik, “Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi / ICT dalam Berbagai Bidang,” J. Fak. Tek. Kuningan, vol. 2, no. 2, Art. no. 2, May 2021.
[5] A. Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.
[6] M. Boussakuk, A. Bouchboua, M. El Ghazi, M. El Bekkali, and M. Fattah, “Design of Computerized Adaptive Testing Module into Our Dynamic Adaptive Hypermedia System,” Int. J. Emerg. Technol. Learn. IJET, vol. 16, no. 18, pp. 113–128, 2021.
[7] A. Sanaky, Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukuba Dipantara, 2015.
[8] A. Huda et al., Media Animasi Digital Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skill). UNP PRESS, 2020.
[9] S. A. M., Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2020.
[10] O. Hamalik, Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
[11] Y. D. Puspitarini and M. Hanif, “Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School.,” Anatol. J. Educ., vol. 4, no. 2, pp. 53–60, Oct. 2019.
[12] Slameto, Belajar dan Fakor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Edisi Revi. Jakarta: Roneka Cipta.
[13] S. Alfitry, S. P. I. NURHADI, S. E. Sy, and M. S. SH, Model Discovery Learning Dan Pemberian Motivasi Dalam Pembelajaran Konsep Motivasi Prestasi Belajar. Guepedia, 2020.
[14] S. J. Eloranta, R. Kaltiala, N. Lindberg, M. Kaivosoja, and K. Peltonen, “Validating measurement tools for mentalization, emotion regulation difficulties and identity diffusion among Finnish adolescents,” Nord. Psychol., vol. 74, no. 1, pp. 30–52, 2022.
[15] M. I. Harisuddin and M. P. ST, Secuil Esensi Berpikir Kreatif & Motivasi Belajar Siswa. Pantera Publishing, 2019.
[16] M. Juliya and Y. T. Herlambang, “Analisis problematika pembelajaran daring dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa,” J. Genta Mulia, vol. 12, no. 1, 2021.
[17] “Journal of Educational Technology and Online Learning » Submission » Factors influencing EFL students’ motivation in online learning: A qualitative case study.” Accessed: Jan. 04, 2024. [Online]. Available: https://dergipark.org.tr/en/pub/jetol/issue/60134/817680
[18] A. S. Sadiman, Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya.
[19] D. J. Priansa, Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia, 2017.
[20] D. Olii, “Model hubungan implementasi prakerin, dukungan industri, motivasi kerja, dan kompetensi kejuruan terhadap employbility skill dan dampaknya pada kesapan kerja siswa SMK Paket Keahlian TIPTL di Sulawesi Utara / Djami Olii,” doctoral, Universitas Negeri Malang, 2018. Accessed: Dec. 29, 2023. [Online]. Available: https://repository.um.ac.id/64884/
[21] “The Effect of Project-Based Learning Assisted by Electronic Media on Learning Motivation and Science Process Skills | Safaruddin | Journal of Innovation in Educational and Cultural Research.” Accessed: Jan. 04, 2024. [Online]. Available: http://jiecr.org/index.php/jiecr/article/view/5

Downloads

Published

2024-01-12

How to Cite

Kontribusi Motivasi Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar. (2024). Jurnal Teknik Komputer Dan Informatika, 4(2|August), 25-30. https://doi.org/10.24036/jteki.v4i1.54